Friday, July 7, 2017

Limit Bandwidth dengan Simple Queues dan Queue Tree di Mikrotik.

Posted by Unknown on Friday, July 7, 2017

Perbedaan Simple Queues dan Queue Tree.
  1. Simple Queues adalah Jenis bandwidth yang seting dan konfigurasinya lebih mudah, digunakan untuk membatasi download dan upload. Simple Queues biasa digunakan pada jaringan yang skala kecil atau menengah.
  2. Queue Tree adalah Jenis bandwidth yang seting dan konfigurasinya sedikit panjang, biasa digunakan pada jaringan skala besar contoh salah satunya warnet karena dapat membatasi bandwidth upload dan download, memisahkan trafik untuk game, dan masih banyak lagi. Untuk seting dan konfigurasi Queue Tree terlebih dahulu kita harus seting dan konfigurasi di Mangle.
Pertama kita Limit Bandwidth dengan Simple Queues, berikut langkah-langkahnya.
  • Pertama login ke mikrotik.
  • Masuk ke menu Queues klik [+] - Pada tab General kolom Name tulis dengan nama yang anda inginkan misalnya saya beri nama Limit Bandwidth - Pada kolom Target Address isi dengan Ip yang akan dilimit, jika tidak diisi maka berlaku untuk semua - Pastikan tercentang target upload dan target download - Pada kolom Max Limit silakan anda isi misalnya untuk Target Upload 512k sedangkan untuk Target Download 1M, Max Limit artinya maksimal bandwidth yang diterima user - Masuk ke tab Advanced - Kolom Interface pilih all agar berlaku untuk semua - Pada kolom Limit At silakan anda isi misalnya untuk Target Upload 128k sedangkan untuk Target Download 256k, Limit At artinya minimal limit bandwidth yang diterima user - Klik apply dan ok.

Kedua kita Limit Bandwidth dengan Queue Tree, berikut langkah-langkahnya.
  • Pertama anda membuat Connection Download masuk ke menu IP - Firewall - Pilih tab Mangle dan klik [+] - Pada tab General kolom Chain pilih forward - Pada kolom Dst. Address isi dengan IP Network yang akan dilimit misalnya yang akan dilimit local berarti IP Networknya 200.100.10.0/24, jika ingin berlaku untuk semua isikan saja 0.0.0.0/0 - Masuk ke tab Action - Pada kolom Action pilih Mark Connection - Pada kolom New Connection Mark tulis dengan Con-Down - Klik apply dan ok.
  • Kedua anda membuat Connection Upload cara membuatnya juga sama dengan Connection Download bedanya cuma dibagian Src. Address dan Dst. Address - Masih di tab Mangle klik [+] - Pada tab General kolom Chain pilih forward - Pada kolom Src. Address isi dengan IP Network yang akan dilimit misalnya yang akan dilimit local berarti IP Networknya 200.100.10.0/24, jika ingin berlaku untuk semua isikan saja 0.0.0.0/0 - Masuk ke tab Action - Pada kolom Action pilih Mark Connection - Pada kolom New Connection Mark tulis dengan Con-Up - Klik apply dan ok.
  • Kemudian anda membuat Packet Download masih di tab Mangle klik [+] - Pada tab General kolom Chain pilih forward - Pada kolom Connection Mark pilih Con-Down yang sebelumnya sudah anda buat - Masuk ke tab Action - Pada kolom Action pilih Mark Packet - Pada kolom New Packet Mark tulis dengan Pack-Down - Klik apply dan ok.
  • Selanjutnya anda membuat Packet Upload masih di tab Mangle klik [+] - Pada tab General kolom Chain pilih forward - Pada kolom Connection Mark pilih Con-Up yang sebelumnya sudah anda buat - Masuk ke tab Action - Pada kolom Action pilih Mark Packet - Pada kolom New Packet Mark tulis dengan Pack-Up - Klik apply dan ok. Untuk membuatnya sama dengan yang Pack-Down, bedanya hanya Pack-Down diganti dengan Pack-Up.
  • Jika sudah semua diseting di tab Mangle selanjutnya masuk ke menu Queues pilih tab Queue Tree klik [+] - Pada kolom Name tulis dengan nama yang anda inginkan misalnya saya tulis dengan nama Local-Down - Pada kolom Parent pilih interface yang mengarah ke local - Pada kolom Packet Marks pilih Pack-Down yang sebelumnya sudah anda buat di tab Mangle - Pada kolom Limit At isi dengan 4M sedangkan Max Limit 6M - Klik apply dan ok.
  • Pack-Down sudah di seting Selanjutnya anda seting Pack-Up klik [+] - Pada kolom Name tulis dengan nama yang anda inginkan misalnya saya tulis dengan nama Local-Up - Pada kolom Parent pilih interface yang mengarah ke Internet - Pada kolom Packet Marks pilih Pack-Up yang sebelumnya sudah anda buat di tab Mangle - Pada kolom Limit At isi dengan 2M sedangkan Max Limit 3M - Klik apply dan ok.











Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung ke Blog ini.
- Tinggalkan Pesan Ya??
- Berkomentarlah yang baik.
- Tidak boleh melakukan Spam, DDos Attack terhadap blog ini, Memposting Link yang tidak baik.
- Bantu kembangkan blog ini dengan menshare artikel diatas.