Sunday, July 9, 2017

Desain Sertifikat Menarik dengan Photosop.

Posted by Unknown on Sunday, July 9, 2017

Desain Ala Wihelmus - Hay para penggemar desain kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mendesain sertifikat semenarik mungkin dengan menggunakan Photoshop. Terserah anda mau menggunakan Photoshop CS berapa? kali ini saya menggunakan Photoshop CS3. 

  1. Sebelum mendesain sertifikat anda harus menyiapkan bingkainya untuk mendapatkan bingkai sertifikat anda bisa search di google dan dowload. Siapkan logo yang menarik jika ingin sertifikat anda menggunakan logo, misalnya logo sekolah atau perusahaan. 
  2. Yang kedua anda harus menentukan tujuan dan maksud anda membuat sertifikat, misalnya anda ingin membuat sertifikat untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi yang sudah menyelesaikannya, membuat sertifikat untuk kursus komputer dan masih banyak lagi. Salah satunya yang akan kita buat adalah desain sertifikat Praktek Kerja Lapangan (PKL), berikut langkah-langkahnya.
  • Jalankan aplikasi Photoshopnya - Klik menu File disudut kiri atas dan pilih Open untuk membuka bingkai sertifikat yang sudah anda download tadi.
  • Untuk menuliskan suatu kalimat pilih Horizontal Type Tool (T) dan silakan anda tulis kalimat yang anda inginkan ditengah bingkai.
  • Jika kalimatnya sudah ditulis semua selanjutnya anda mengedit tulisannya, untuk hurufnya menggunakan Times New Roman, ukurannya disesuaikan saja seberapa besar yang anda inginkan seperti gambar dibawah ini.


  • Selanjutnya anda rubah tulisannya menjadi lebih menarik dengan Layer Style caranya klik kanan pada tulisan yang akan dirubah pada kolom layers pilih blending options. Contohnya saya klik kanan pada tulisan sertifikat.
  • Untuk setingannya di kolom Styles sesuaikan saja seperti gambar dibawah ini jika sudah klik ok dan lihat hasilnya. 
  • Untuk tulisan yang lainnya bisa anda edit sendiri caranya sama saja seperti diatas.
  • Selanjutnya anda masukan logo kedalam desain sertifikat anda, caranya klik menu File - pilih Open dan cari logo yang anda inginkan dan letakan dibagian sudut dan dibagian tengah sertifikat anda.
  • Gunakan Ctrl + T untuk meperbesar dan memperkecil logonya kemudian klik logonya dan atur bayangannya di Fill menjadi 29%, jika sudah maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya klik menu Layer pada Photoshop dan pilih Flatten Image untuk menyatukan semua Layer, silakan di Save As dengan format JPG, JPEG, JPE. Buka Microsoft Word - Klik menu Page Layout - Orientation - Pilih Landscape. Masuk lagi ke menu Insert dan pilih Pictures silakan anda pilih gambar sertifikat yang sudah anda desain tadi menggunakan Photoshop, dan sesuaikan dengan kertasnya. Jika sudah silakan di print.




Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah berkunjung ke Blog ini.
- Tinggalkan Pesan Ya??
- Berkomentarlah yang baik.
- Tidak boleh melakukan Spam, DDos Attack terhadap blog ini, Memposting Link yang tidak baik.
- Bantu kembangkan blog ini dengan menshare artikel diatas.