Tuesday, June 27, 2017

Mengatasi Printer Canon MP287 pada saat print hasilnya bergaris dan tinta tidak keluar dengan jelas.

Posted by Unknown on Tuesday, June 27, 2017

Mengatasi printer Canon MP287 pada saat print hasilnya bergaris,-tinta warna dan tinta hitam tidak keluar dengan jelas. Permasalahan seperti ini biasanya terjadi di head cartridge, tinta habis, encoder printer kotor karena percikan tinta
  • Membuka penutup printer, dan menunggu rumah cartridge beserta cartridgenya sampai berhenti di tengah printer baru itu dicabut.
  • Melepaskan cartridge warna dan hitam dari rumah cartridge printer.
  • Pastikan ada tinta di cartridge jika tinggal sedikit atau habis segera diisi mungkin itu penyebab hasil printnya bergaris. Cara mengisinya cukup mudah yaitu ambil tinta dibotol dengan jarum suntik kemudian suntikan di dalam cartridge printer jagan sampai meluap. Untuk pengisian tinta hitam pada cartridge hitam (Black) yang baik itu 4 ml, sedangkan untuk pengisian tinta warna pada cartridge warna (Color) yang baik itu 3 ml saja. Jika ingin mengisi tinta pada cartridge  harus memperhatikan urutan warnanya, jika salah mengisi tinta pada saat print nanti warnanya akan bercampuran. Kalo tidak mengetahui urutan warnanya cukup ambil selembar tisu bersih kemudian tempelkan tisu dengan jari telunjuk pada bagian head printer.
  • Bila masih ada tinta banyak tapi pada saat print hasilnya tetap bergaris bisa saja penyebabnya tinta tersumbat di bagian head cartridge caranya tumpahkan cairan head cleaner pada permukaan head cartridge tunggu satu sampai dua menit setelah itu ambil vacum penyedot tinta kalau tidak ada gunakan toolkit penyedot tinta biasanya ada dijual di Toko-toko Printer atau Komputer. Jika sudah di sedot ambil tisu dan tempelkan dengan jari telunjuk pada head cartridge untuk melihat apakah warnanya keluar semua, jika ada warna yang tidak keluar pada saat dites menggunakan tisu hanya warna kuning saja yang kelihatan di tisu sedangkan biru dan merah tidak berarti tumpahin ulang cairan head cleaner da disedot menggunakan vacum (ulangi sampai keluar semua warna di tisu. Lap bersih di bagian chip cartridge agar nanti tidak error. Jadi fungsi dari head cleaner ini untuk melancarkan keluarnya tinta dari cartridge pada saat print.
  • Jika sudah semua dan hasil warnanya terang serta keluar semua ditisu setelah itu melakukan pemasangan kembali cartridge warna (Color) dan cartridge hitam (Black) pada rumah cartridge dan di tutup dengan rapat agar dapat terdeteksi pada computer, dan juga di tutup kembali penutup printernya.
  • Lakukan pengecekan dengan cara : Klik start pada komputer – memilih menu Devices and Printers.
  • Sesudah itu klik kanan mouse pada printer yang aktif seperti gambar di atas - klik Printer properties.
  • Kemudian klik Maintenance – Nozzle Check untuk mengecek warna.
  • Klik Print Check Pattern - Klik ok - Klik Exit.
  • Selanjutnya yang kita lakukan adalah mengecek tulisan dengan cara klik General – klik Print Test Page.
  • Akan muncul pesan klik close dan nanti akan ada keluar pesan dan klik ok.
  • Jika sudah ikut semua cara diatas tapi hasilnya masih bergaris berarti bermasalahnya di bagian Encoder printer, biasanya Encoder kotor karena percikan tinta pada saat print. Silakan tumpahkan cairan head cleaner pada selembar tisu kemudian lap di bagian encoder printer sampai bersih. Encoder juga bisa mempengaruhi hasilnya bergaris, tidak jelas, atau tidak keluarnya tinta.
  • Jika hasilnya sama aja kemungkinan besar cartridge atau encoder printer rusak coba ganti dengan yang baru sebagai uji coba.
Warning : Bukan berlaku untuk printer Canon MP287 saja melainkan untuk semua printer Canon dan Hp kalo printer Epson cara mengatasinya bedah lagi. Jika ingin mengisi tinta printer, saya sarankan gunakan tinta sesuai dengan merek printernya masing-masing biasanya berisi dalam kemasan botol.
Jika masih bingung silakan junjungi Forum Mengatasi Permasalahan Seputar Printer. dengan Admin yang sudah berpengalaman seputar printer.

Previous
« Prev Post

5 comments:

  1. kalau nda ada tab maintenance nya gan ?????

    ReplyDelete
  2. Sore kak...kak, klo sdh dilakukan langkah diatas dan tintany sdh keluar, tp masih tdk tercetak warnanya bagaimana ya?tlng dibantu

    ReplyDelete
  3. Kak opsi maintenance nya ggk muncul. Ini gimana ya?

    ReplyDelete
  4. Hallo mas bro, saya punya printer canon mp287,yg saya tanyakan adalah.bgaimana cara menghentikan lampu black ink yg berkedip,sdangkan di monitor printerx menunjukan angka 1. Dan prnah saya coba menekan rest v printrx gak mau respon malah yg berkedip lampu alarem 11 x, andai saya biarkan apakah tdak akan jadi masalah pada printerx. Tolong bisikanx mas broww

    ReplyDelete
  5. Terima kasih postingnya semoga membantu

    ReplyDelete

Terima Kasih telah berkunjung ke Blog ini.
- Tinggalkan Pesan Ya??
- Berkomentarlah yang baik.
- Tidak boleh melakukan Spam, DDos Attack terhadap blog ini, Memposting Link yang tidak baik.
- Bantu kembangkan blog ini dengan menshare artikel diatas.